الدَّرْسُ الأَوَّل
الضَّمَائِر الْمُنْفَصِلَة
(Kata Ganti)
أ- الْمُحَادَثَة:
أَحْمَد : السَّلاَمُ عَلَيْكُم
(Assalamu’alaikum)
مُحَمَّد : وَعَلَيْكُمُ السَّلاَم
(Wa’alaikumussalam)
أحمد : كَيْفَ حَالُك يَا أَخِي؟
(Kaifa haluk ya akhii / Apa kabarmu, wahai Saudaraku)
محمد : الْحَمْدُ لله، أَنَا بِخَيْر، وَأَنْتَ؟
(Alhamdulillah, ana bikhair, wa anta? / Alhamdulillah saya baik-baik saja, bagaimana denganmu?)
أحمد : أَنَا بِخَيْر أَيْضًا
(Anaa bikhair aidhan / Saya juga)
محمد : مَا اِسْمُك؟
(Maa ismuk? / Siapa nama Anda? )
أحمد : اِسْمِي أَحْمَد، وَأَنْتَ؟
(Ismii Ahmad, wa anta? / Nama saya Ahmad, kamu?)
محمد : اِسْمِي مُحَمَّد
(Ismii Muhammad / Nama saya Muhammad)
ب- الْقَوَاعِد:
أَنَا Anaa (Saya lk/pr) | أَنْتَ Anta (Anda lk) | أَنْتِ Anti (Anda pr) | هُوَ Huwa (Dia lk) | هِيَ Hiya (Dia pr) |
مُسْلِم / مُسْلِمَة Muslim / Muslimah | مُسْلِم | مُسْلِمَة | مُسْلِم | مُسْلِمَة |
مُؤْمِن / مُؤْمِنَة Mu`min / Mu`minah | ||||
طَالِب / طَالِبَة Thaalib / Thaalibah (Siswa/siswi) | ||||
حَاضِر / حَاضِرَة Haadhir / haadhirah (orang yang hadir) | ||||
مُوَظَّف / مُوَظَّفَة Muwadhdhaf / Muwadhdhafah (Karwayan/karyawati) | ||||
قَارِئ / قَارِئَة Qaari` / Qaari`ah (Orang yang membaca) |
Keterangan:
- Untuk laki-laki (maskulin), tidak menggunakan taa` marbuthah, sedang untuk perempuan (feminim), digunakan taa` marbuthah.
ج- التَّرْجَمَة:
Sekarang, cobalah terjemahkan kalimat-kalimat berikut ini! Bila ada kata-kata yang belum disebutkan di atas, maka Anda dapat melihatnya di bagian mufradaat (vocabulary).
- Nama saya Agus. Saya seorang karyawan di Jakarta
- Apakah Anda (lk) seorang mahasiswa di Universitas Islam?
- Fathimah seorang Muslimah. Dia tinggal di Radio Dalam.
- Ahmad karyawan yang rajin. Dia hadir selalu di kantor.
د- الْمُفْرَدَات:
- فِيْ : fii (di)
- هَلْ : hal (apakah)
- الْجَامِعَة الإِسْلاَمِيَّة : al-jaami’ah al-islaamiyyah (Universitas Islam)
- سَاكِن / سَاكِنَة : saakin / saakinah (tinggal)
- مَجْتَهِد : mujtahid (rajin)
- دَائِمًا : daa`iman (selalu)
al-maktab (kantor)- الْمَكْتَب :
Dikutip dari www.bahasarabonline.org