Kata Ganti

الدَّرْسُ الأَوَّل

الضَّمَائِر الْمُنْفَصِلَة

(Kata Ganti)

أ- الْمُحَادَثَة:

أَحْمَد : السَّلاَمُ عَلَيْكُم

(Assalamu’alaikum)

مُحَمَّد : وَعَلَيْكُمُ السَّلاَم

(Wa’alaikumussalam)

أحمد : كَيْفَ حَالُك يَا أَخِي؟

(Kaifa haluk ya akhii / Apa kabarmu, wahai Saudaraku)

محمد : الْحَمْدُ لله، أَنَا بِخَيْر، وَأَنْتَ؟

(Alhamdulillah, ana bikhair, wa anta? / Alhamdulillah saya baik-baik saja, bagaimana denganmu?)

أحمد : أَنَا بِخَيْر أَيْضًا

(Anaa bikhair aidhan / Saya juga)

محمد : مَا اِسْمُك؟

(Maa ismuk? / Siapa nama Anda? )

أحمد : اِسْمِي أَحْمَد، وَأَنْتَ؟

(Ismii Ahmad, wa anta? / Nama saya Ahmad, kamu?)

محمد : اِسْمِي مُحَمَّد

(Ismii Muhammad / Nama saya Muhammad)

ب- الْقَوَاعِد:

أَنَا

Anaa

(Saya lk/pr)

أَنْتَ

Anta

(Anda lk)

أَنْتِ

Anti

(Anda pr)

هُوَ

Huwa

(Dia lk)

هِيَ

Hiya

(Dia pr)

مُسْلِم / مُسْلِمَة

Muslim / Muslimah

مُسْلِم

مُسْلِمَة

مُسْلِم

مُسْلِمَة

مُؤْمِن / مُؤْمِنَة

Mu`min / Mu`minah





طَالِب / طَالِبَة

Thaalib / Thaalibah (Siswa/siswi)





حَاضِر / حَاضِرَة

Haadhir / haadhirah (orang yang hadir)





مُوَظَّف / مُوَظَّفَة

Muwadhdhaf / Muwadhdhafah (Karwayan/karyawati)





قَارِئ / قَارِئَة

Qaari` / Qaari`ah

(Orang yang membaca)





Keterangan:

- Untuk laki-laki (maskulin), tidak menggunakan taa` marbuthah, sedang untuk perempuan (feminim), digunakan taa` marbuthah.

ج- التَّرْجَمَة:

Sekarang, cobalah terjemahkan kalimat-kalimat berikut ini! Bila ada kata-kata yang belum disebutkan di atas, maka Anda dapat melihatnya di bagian mufradaat (vocabulary).

  1. Nama saya Agus. Saya seorang karyawan di Jakarta
  2. Apakah Anda (lk) seorang mahasiswa di Universitas Islam?
  3. Fathimah seorang Muslimah. Dia tinggal di Radio Dalam.
  4. Ahmad karyawan yang rajin. Dia hadir selalu di kantor.

د- الْمُفْرَدَات:

- فِيْ : fii (di)

- هَلْ : hal (apakah)

- الْجَامِعَة الإِسْلاَمِيَّة : al-jaami’ah al-islaamiyyah (Universitas Islam)

- سَاكِن / سَاكِنَة : saakin / saakinah (tinggal)

- مَجْتَهِد : mujtahid (rajin)

- دَائِمًا : daa`iman (selalu)

al-maktab (kantor)- الْمَكْتَب :

Dikutip dari www.bahasarabonline.org