Fi'il Mudhari'

Tutorial Bahasa Arab Tingkat I Pelajaran Ketiga: Fi'il Mudhari

الدَّرْسُ الثَّالِثُ

فِعْل مُضَارِع

أ‌- الْمُحَادَثَةُ:

أَحْمَد : مِنْ أَيْنَ أَنْتَ قَادِم يَا أَخِي ؟

(Min aina anta qaadim, ya akhii? / Dari mana Anda berasal, wahai Saudaraku?)

مُحَمَّد : أَنَا قَادِم مِنْ جَاوَى الشَّرْقِيَّة

(Anaa qaadim min Jaawaa asy-syarqiyyah / Saya berasal dari Jawa Timur)

أَحْمَد : هَلْ أَنْتَ طَالِب؟

(Hal anta thaalib? / Apakah Anda seorang mahasiswa)

مُحَمَّد : لاَ أَنَا مُوَظَّف

(Laa, anaa muwadhdhaf / Tidak, saya seorang karyawan)

أَحْمَد : أَيْنَ مَكْتَبُكَ ؟

(Aina maktabuka? / Di mana kantormu)

مُحَمَّد : مَكْتَبِي فِي الشَّارِع سُودِرْمَان

(Maktabii fisy-syaari’ Sudirman / Kantorku di jalan Sudirman)

أَحْمَد : بِمَاذَا تَذْهَب إِلَى الْمَكْتَب؟

(Bimaadzaa tadzhab ilal-maktab? Dengan apa Anda pergi ke kantor)

مُحَمّد : أَذْهَب إِلَى الْمَكْتَب بِالسَّيَّارَة

(Adzhab ilal-maktab bis-sayyaarah / Saya pergi ke kantor dengan mobil)

ب- الْقَوَاعِدُ:

أَنَا

أَنْتَ

أَنْتِ

أَنْتُمْ

Antum

(Kalian lk)

هُوَ

هِيَ

هُمْ

Hum

(Mereka lk)

نَحْنُ

Nahnu

(Kami/kita)

أَقْرَأ

Aqra` (membaca)

تَقْرَأ

Taqra

تَقْرَئِيْن

Taqra`iin

تَقْرَؤُوْن

Taqra`uun

يَقْرَأ

Yaqra`

تَقْرَأ

Taqra`

يَقْرَؤُوْن

Yaqra`uun

نَقْرَأ

Naqra`

أَفْهَم

Afham (faham)

تَفْهَم

تَفْهَمِين

تَفْهَمُوْن

يَفْهَم

تَفْهَم

يَفْهَمُوْن

نَفْهَم

أَجْلِس

Ajlis (duduk)








أَذْهَب

Adzhab (pergi)








أَرْجِع

Arji’ (pulang)








أَعْلَم

A’lam (mengetahui)








أَعْبُد

A’bud

(menyembah)








ج- التَّرْجَمَة:

Sekarang, cobalah terjemahkan kalimat-kalimat berikut ini! Bila ada kata-kata yang belum disebutkan di atas, maka Anda dapat melihatnya di bagian mufradaat (vocabulary) atau mungkin di pelajaran-pelajaran sebelumnya.

1. Nama saya Syukron. Saya berasal dari Jawa Timur. Sekarang saya tinggal di Radio Dalam. Saya seorang karyawan. Kantor saya di jalan Ahmad Dahlan. Setiap hari, saya pergi ke kantor dengan menggunakan mobil.

2. Muhammad seorang muslim yang rajin. Dia selalu membaca Al-Qur`an setelah shalat maghrib dan shubuh. Dia faham bahasa Arab dengan baik, karena itu dia juga faham Al-Qur`an dengan baik.

د- الْمُفْرَدَات:

- الآن : al-aan / sekarang

- كُلَّ يَوْم : kulla yaum / setiap hari

- مَجْتَهِد : mujtahid (rajin)

- دَائِمًا : daa`iman (selalu)

- بَعْدَ الْمَغْرِب : ba’dal-maghrib / setelah shalat Maghrib

- الصُّبْح : ash-shubh / shalat Shubuh

- الْعَرَبِيَّة : al-‘Arabiyyah / bahasa Arab

- جَيِّدًا : jayyidan / dengan baik

- لِذَلِك : lidzaalik / karena itu

- أَيْضًا : aidhan / juga