Pendapatan Nasional

Kompetensi
Setelah mempelajari materi ini, diharapkan siswa mampu memahami pengetahuan mengenai Pendapatan Nasional.
Materi
Pendahuluan
Keberhasilan perekonomian suatu negara dapat diukur melalui berbagai indikator antara lain dengan mengetahui pendapatan nasional, pendapatan per kapita, tingkat kesempatan kerja, tingkat harga dan posisi neraca pembayaran luar negeri.

Misalkan kegiatan perekonomian suatu negara disederhanakan seperti peraga ini. Perusahaan memproduksi barang dan jasa (output nasional) kemudian perusahaan menjual barang dan jasa ke sektor rumah tangga. Dengan demikian terdapat pengeluaran rumah tangga untuk membeli barang dan jasa (pengeluaran nasional). Selanjutnya dari hasil penjualan tersebut perusahaan harus membayar balas jasa untuk faktor-faktor produksi yang digunakan untuk menghasilkan barang dan jasa tersebut. Jadi, faktor produksi tersebut menerima pendapatan nasional.
Harus diingat bahwa arus lingkaran output, pengeluaran dan pendapatan itu merupakan tiga cara untuk melihat Pendapatan Nasional. Jadi Pendapatan Nasional dapat didefinisikan :
  • Nilai barang dan jasa yang diproduksi di suatu negara dalam satu periode tertentu (satu tahun)
  • Jumlah pengeluaran nasional untuk membeli barang dan jasa yang dihasilkan itu.
  • Jumlah pendapatan yang diterima oleh faktor-faktor produksi yang digunakan untuk menghasilkan barang dan jasa tersebut.
Pendapatan Per Kapita / Income Per Capita (IPC) adalah pendapatan rata-rata penduduk suatu Negara.



Macam-macam Pendapatan Nasional
Jika dilihat dari jumlah barang dan jasa yang dihasilkan, Pendapatan Nasional dikelompokan menjadi GDP, GNP, NNP, NNI, PI, dan DI.
1. Gross Domestic Product (GDP)
Gross Domestic Product (GDP) atau Produk Domestik Bruto (PDB) adalah nilai barang dan jasa yang dihasilkan seluruh masyarakat yang tinggal disuatu negara, termasuk warga negara asing dalam periode tertentu biasanya satu tahun.
2. Gross National Product (GNP)
Gross National Product (GNP) atau Produk Nasional Bruto (PNB) adalah seluruh nilai produksi barang dan jasa yang dihasilkan oleh warga negara suatu negara tertentu dimanapun berada dalam periode tertentu biasanya satu tahun.
GNP = GDP - Produk nasional terhadap luar negeri
3. Net National Product (NNP)
Net National Product (NNP) atau Produk Nasional Bersih adalah seluruh nilai produksi barang dan jasa yang dihasilkan masyarakat suatu negera dalam periode tertentu biasanya satu tahun, setelah dikurangi penyusutan dan barang pengganti modal.
NNP = GNP - (Penyusutan + barang pengganti modal)
4. Net National Income (NNI)
Net National Income (NNI) adalah jumlah seluruh penerimaan yang diterima masyarakat dalam periode tertentu biasanya satu tahun, setelah dikurangi pajak tidak langsung (Indirect tax).
NNI = NNP - Pajak tidak langsung
5. Personal Income (PI)
Personal Income (PI) atau pendapatan perseorangan adalah jumlah seluruh penerimaan yang diterima masyarakat yang benar-benar sampai ke tangan masyarakat.
PI = (NNI + TP) - ( IJS + IA +LD+PP)
TP = Transfer payment
IJS = Iuran jaminan sosial
IA = Iuran Asuransi
LD = Laba ditahan
PP = Pajak perseorangan
6. Disposable Income (DI)
Disposable Income (DI) atau pendapatan bebas adalah pendapatan yang diterima masyarakat yang sudah siap dibelanjakan penerimanya, setelah dikurangi pajak langsung (Direct Tax)
DI = PI - Pajak Langsung

Menghitung Pendapatan Nasional
Pendekatan Produksi
Dengan memperhatikan tabel tersebut kita dapat mengetahui dan menghitung PDB suatu negara, melalui rumus :
Y = {(Q1P1) + (Q2P2) + (Q3P3) + (QnPn)}

Pendekatan Pengeluaran
Dengan memperhati-kan tabel tersebut kita dapat mengetahui dan menghitung PDB suatu negara, melalui rumus :
Y = C + I + G + (X - M)

Pendekatan Pendapatan
Sedangkan dengan pendekatan pendapatan kita dapat menghitung pendapatan nasional setelah mengelompokan faktor-faktor produksi dan pendapatannya :
Y = w + r + i + p

Simulasi