Menulis Arabic Dengan Mudah di MS Word dan FaceBook


Menulis Arab di windows non arabic kadang merepotkan, terutama yang belum terbiasa dengan susunan keyboard Arab. Untunglah sudah ada Arabic Pad. Arabic Pad merupakan software gratis (freeware) dan portable, sehingga tidak perlu installasi di windows. Setelah di download extract (keluarkan file arabicPad.exe dan readme_en.html) kemudian jalankan file ArabicPad.exe untuk mulai menulis huruf arab. Arabic Pad dapat dijalankan di windows 2000/XP/2003/Vista/7.

Setelah di tulis di arabic pad, lalu copykan dan pastekan di ms word atau di FB kamu.

Arabic Pad, salah satu program gratis yang pernah di buat oleh Ebta Setiawan kini kembali dirilis versi baru, setelah hampir 4 tahun terhenti pengembangannya. Arabic Pad 1.4 kini hadir dengan beberapa perbaikan yang muncul setelah penggunaan Windows Vista dan Windows 7.

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Contoh menulis arab dengan Arabic pad

Setting Arabic

Bagi pengguna windows Vista dan Windows 7, seharusnya dukungan huruf arab dan penulisan dari kanan ke kiri sudah otomatis didapatkan dan tidak perlu mengatur atau setting tambahan. Tetapi bagi pengguna windows 2000/XP, jika belum berhasil menulis arab, atau muncul arab tetapi belum bisa menulis dari kanan ke kiri, coba ikuti langkah berikut :

  1. Buka Control Panel
  2. Pilih Regional and Language Options
  3. Pilih tab Languages
  4. Beri cek opsi “Install files for complex script and right-to-left (Including Thai)” kemudian klik Apply.
  5. Masukkan CD Windows XP jika diminta dan pastikan lokasinya sudah benar.
  6. Ikuti langkah yang di tuntunkan sampai komputer meminta untuk restart, maka ikuti dengan Restart.
Untuk mendapatkan software tersebut silahkan klik di sini